Neraca lajur (work sheet) adalah kertas kerja untuk
menyiapkan laporan keuangan. Biasanya pencatatan transaksi belum lengkap dalam suatu periode,
misalnya ada beban yang belum dicatat. Misalnya beban listrik. Listrik biasanya
dibayar di bulan berikutnya sedangkan manfaatnya untuk bulan berjalan. Beban
seperti ini biasanya dicatat dalam jurnal penyesuaian. Kadang-kadang buku besar
juga jumlahnya tidak seimbang. Hal-hal seperti inilah yang menjadi alasan
dibutuhkannya neraca lajur.
Neraca lajur bukan merupakan bagian laporan keuangan. Neraca lajur hanya kertas kerja bagi penyusun laporan keuangan. Namun dengan kertas kerja ini memudahkan penyusunan laporan keuangan. Karena berupa kertas kerja, penyusunannya bisa menggunakan pensil. Dengan kata lain neraca lajur adalah media penyusunan laporan keuangan.
Neraca lajur bukan merupakan bagian laporan keuangan. Neraca lajur hanya kertas kerja bagi penyusun laporan keuangan. Namun dengan kertas kerja ini memudahkan penyusunan laporan keuangan. Karena berupa kertas kerja, penyusunannya bisa menggunakan pensil. Dengan kata lain neraca lajur adalah media penyusunan laporan keuangan.
Tujuan Pembuatan Neraca Lajur
- Memudahkan penyusunan laporan keuangan
- Menggolongkan dan meringkas informasi-informasi dari neraca saldo dan semua data, penyesuaian yang akan disiapkan untuk keperluan penyusunan laporan keuangan yang formal
- memudahkan untuk menemukan kesalahan yang mungkin dilakukan dalam membuat jurnal penyesuaian
Contoh Format Neraca Lajur ( worksheet )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar