Kamis, 03 Agustus 2017

NERACA LAJUR (WORK SHEET)



Neraca lajur (work sheet) adalah kertas kerja untuk menyiapkan laporan keuangan. Biasanya pencatatan transaksi belum lengkap dalam suatu periode, misalnya ada beban yang belum dicatat. Misalnya beban listrik. Listrik biasanya dibayar di bulan berikutnya sedangkan manfaatnya untuk bulan berjalan. Beban seperti ini biasanya dicatat dalam jurnal penyesuaian. Kadang-kadang buku besar juga jumlahnya tidak seimbang. Hal-hal seperti inilah yang menjadi alasan dibutuhkannya neraca lajur. 
Neraca lajur bukan merupakan bagian laporan keuangan. Neraca lajur hanya kertas kerja bagi penyusun laporan keuangan. Namun dengan kertas kerja ini memudahkan penyusunan laporan keuangan. Karena berupa kertas kerja, penyusunannya bisa menggunakan pensil. Dengan kata lain neraca lajur adalah media penyusunan laporan keuangan.


Tujuan Pembuatan Neraca Lajur 
  1. Memudahkan penyusunan laporan keuangan
  2. Menggolongkan dan meringkas informasi-informasi dari neraca saldo dan semua data, penyesuaian yang akan disiapkan  untuk keperluan penyusunan laporan keuangan yang formal
  3. memudahkan untuk menemukan kesalahan yang mungkin dilakukan dalam membuat jurnal penyesuaian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar